PENDAHULUAN

Asosiasi Ilmu Politik Indonesia atau disingkat AIPI merupakan salah satu organisasi profesi yang penting di Indonesia. Sejak didirikan beberapa tahun lalu, AIPI telah berhasil menapakkan diri sebagai organisasi profesi yang dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan kehidupan politik di Indonesia. Salah satunya melalui penyelenggaraan seminar nasional secara periodik yang mengulas isu-isu politik dan pemantapan kehidupan demokrasi di Indonesia. Hasil seminar tersebut menjadi bahan rekomendasi yang penting bagi arus utama demokratisasi di Indonesia. 

Di tengah suasana demokratisasi yang berkembang pesat dewasa ini, keberadaan AIPI sebagai organisasi para sarjana ilmu politik dan pemerintahan, mendapat tantangan besar. Tantangan tersebut dilihat dari dua aspek, yaitu keilmuan dan praktis. Pertama, secara keilmuan, perkembangan kehidupan politik dewasa ini membutuhkan kajian komprehensif agar ilmu politik, terutama di Indonesia, tidak berada selangkah lebih lambat dari fenomena yang berkembang di masyarakat.  Sejak reformasi politik bergulir, situasi politik Indonesia berada dalam suasana transisi yang membutuhkan penjelasan dari sisi keilmuan. Pengalaman transisi pasca otoriter bukan hanya dialami oleh Indonesia saja. Banyak negara di dunia ini yang telah mengalami situasi transisi dengan segala konsekuensinya. Ada yang berhasil pulih dalam waktu tidak relatif lama, ada yang membutuhkan proses rekonsiliasi elit lebih panjang, bahkan ada pula yang justru memunculkan elit-elit otoriter berwajah demokratis. Semua ini memberi pelajaran bagi Indonesia dalam melalui proses ini dan mencari pola yang sesuai bagi kondisi sosial, ekonomi, dan budaya politik Indonesia.  

Dalam kerangka inilah tantangan bagi AIPI untuk menemukan formula transisi yang ideal bagi Indonesia. Sebagai kumpulan para sarjana ilmu politik dan ilmu pemerintahan, AIPI diharapkan menjadi intelectual community yang kredibel dalam mencermati perubahan politik dari sisi keilmuan. Situasi transisi merupakan eksperimen bagi ilmu politik dimanapun, tak terkecuali di Indonesia, guna memperkaya khasanah ilmu politik. 

Sementara itu, tantangan AIPI tak hanya dari sisi keilmuan. Ilmu politik senantiasa harus bersentuhan dengan realitas sosial. Terkadang ilmuwan politik gagal mensinkronkan antara tataran teoritis dengan level praktis sehingga ilmu politik kerap dianggap gagal menjelaskan persoalan masyarakat. Seorang ilmuwan politik ternama, David Held, menguraikan kerisauannya atas ketidakmampuan ilmu politik memberi sumbangan bagi perbaikan kehidupan masyarakat. Munculnya regim yang otoriter, hilangnya human dignity akibat konflik dan kekerasan, manipulasi elit atas kekuasaan yang diembannya, adalah sebagian dari kondisi kemunduran yang dihadapi masyarakat dan tidak ilmu politik justru tidak mampu memberikan jawaban.  Pada tataran inilah, AIPI sebagai kumpulan sarjana ilmu politik dan ilmu pemerintahan, harus melakukan sesuatu. Kehidupan politik dan demokrasi di Indonesia saat ini berada dalam track yang perlu mendapat pengawalan. Penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) secara langsung memberi makna bahwa situasi transisi menuju demokrasi masih belum selesai. Tata letak demokrasi melalui aturan legal formal begitu mudah dimanipulasi demi kekuasaan sempit pelaku politik. Sementara rakyat selalu menjadi pihak yang diminta berbuat sesuatu kebaikan — misalnya jangan berbuat anarkis — sedang pimpinan merekalah yang seringkali memicu munculnya perbuatan anarkis. 

Kedua tantangan ini menjadi pekerjaan besar bagi AIPI ke depan. Jika selama ini AIPI lebih banyak bergulat di isu-isu ‘permukaan’ seperti yang menjadi tema-tema seminar nasional. Maka sudah saatnya AIPI melakukan kajian yang sifatnya pengembangan keilmuan.  

ARAH PROGRAM KERJA  AIPI   

Tatatan Keilmuan:

  1. AIPI mendorong pengembangan ilmu politik, ilmu pemerintahan dan ilmu hubungan internasional melalui kajian-kajian ilmiah, baik yang dilakukan sendiri atau kerjasama dengan perguruan tinggi yang memiliki ketiga program studi tersebut 

  2. AIPI mendorong munculnya gagasan atau ide-ide tentang pembentukan teori-teori politik berdasarkan situasi dan kondisi masyarakat Indonesia.
  3. AIPI melakukan pemutakhiran pemikiran dan teori-teori menyangkut ketiga bidang keilmuan tersebut, khususnya yang berkembang di dunia internasional seperti Amerika Serikat dan Eropa.

 Tataran Praktis:

  1. AIPI melakukan pendidikan politik dalam rangka membangun kesadaran politik rakyat akan haknya sebagai warga negara.

  2. AIPI memberikan sumbangan pemikiran tentang tatanan kehidupan politik yang demokratis dan memenuhi karakter good governance kepada para pengambil kebijakan publik, baik di tingkat nasional maupun lokal.

30 Responses to “Tentang AIPI”


  1. 1 Ahmad Negara Dalimunthe January 21, 2009 at 5:32 am

    Bisa minta AD/ART AIPI?

  2. 2 imam m kamal February 10, 2009 at 3:42 am

    Ass. bagaimana menjadi anggota AIPI ?, saya alumni FISIP UI wass. Imam MK

  3. 3 admin March 18, 2009 at 5:53 am

    UNTUK PAK IMAM M. KAMAL

    Ingin menjadi anggota AIPI?

    Ada dua cara: pertama silahkan datang langsung ke Sekretariat AIPI atau mengisi formulir yang nanti akan kami kirimkan.

    Mohon tinggalkan alamat email Bapak.

    Terimakasih.

  4. 4 Rahadian July 18, 2009 at 8:17 am

    Saya ingin mendaftar menjadi anggota AIPI
    Saya ingin mendapat jadwal AIPI

  5. 5 asep sabar August 31, 2009 at 3:29 am

    bagaimana caranya membuka cabang AIPI, khususnya di Provinsi Gorontalo. mohon tanggapannya…

  6. 6 budimulyana February 10, 2010 at 1:18 pm

    saya berminat untuk menjadi anggota aipi, bagaimana caranya. saya alumni FISIP UNPAD

    Budi Mulyana

    budi_mulyana@lycos.com

  7. 7 Arenx March 24, 2010 at 8:54 am

    Saya senang dengan mslh poliik, namun saya bukan lulusan Ilmu Politik dan Pemerintahan, namun saya lulusan perbankan, Bisakah saya bergabung dengan AIPI, dan bagaimana caranya? Bisakah AIPI membuka Cabang untuk di wilayah banten?

  8. 8 Admin March 24, 2010 at 9:19 am

    Pak Arenx:

    Silahkan Bapak baca/download AD/ART yang ada di spesial konten. Disitu dijelaskan siapa-siapa saja yang dapat menjadi anggota AIPI. (Bab I, tentang keanggotaan)

    Untuk membuka cabang, silahkan Bapak baca juga di AD/ART, terutama di Bab III, mengenai Cabang.

    Terima kasih.

  9. 9 sri wahyudi June 1, 2010 at 9:20 am

    salam demokrasai…..
    bagaimana prosedur ya bergabung dengan API?
    -WAHYU-

  10. 12 Ferhat Ali Balfas May 29, 2011 at 12:40 am

    Apakah AIPI mempunyai cabang / dewan daerah kota Serang?

  11. 14 Meutia June 7, 2011 at 11:10 pm

    mohon informasi mengenai cara menjadi anggota AIPI? saya lulus dari Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Magister Administrasi Publik. mohon dikirim AD/ARTnya.

    terima kasih, salam.

  12. 16 BUDI PRAYITNO June 12, 2011 at 12:03 am

    APA AIPI HANYA UNTUK YANG SUDAH BERGELAR SARJANA SAJA??SAYA MAHASISWA FISIP UNIVERSITAS WIJAYA KUSUMA SURABAYA…..APA ADA WADAH UNTUK MAHASISWA??CARA DAFTARNYA BAGAIMANA?APA BISA SECARA ONLINE??KLU MEMANG TDK BISA UNTUK MAHASISWA…..MUNGKIN KAMI LEBIH DI BERI PENGARAHAN…ATAU WADAH…..AGAR SUPAYA JIKA KAMI NANTI TELAH LULUS….BISA MENDAPATKAN TEMPAT…..TERIMA KASIH

  13. 18 Irmawati Sagala September 2, 2011 at 8:13 pm

    Salam,
    Saya ingin mendaftar jadi anggota AIPI, sebenarnya sudah lama pengen tapi baru direalisasikan sekarang. Saya alumni Ilmu Politik Unand, sekarang dosen di Prodi Ilmu Pemerintahan IAIN STS Jambi. Formulir sudah saya donwload, insya Allah segera dikirim. Cabang-cabang AIPI juga sudah saya baca, dan saya tidak menemukan cabang di Jambi (serta beberapa daerah di Sumatera). Untuk kondisi daerah yang belum ada cabang, apakah komunikasinya dengan daerah terdekat atau langsung ke pusat ya bapak/ibu pengurus?

    Jawab: Untuk bisa menjadi anggota AIPI, pertama silakan download formulir yang ada di blog ini. Setelah itu, isi, dan kirimkan ke Sekretariat PP AIPI, berserta lampirannya. Setelah mendapat nomor anggota (melalui surat konfirmasi dari AIPI), maka langkah selanjutnya adalah jika ingin mendapatkan kartu anggota, maka diwajibkan iuran 100 ribu, untuk masa aktif katru 3 tahun.

    Untuk pembentukan cabang, syarat adalah di mana di satu daerah tersebut sudah ada perguruan tinggi yang memiliki salah satu bidang ilmu yang dicakup AIPI. Bidang tersebut antara lain: ilmu politik, ilmu hubungan internasional, ilmu pemerintahan dan ilmu administrasi negara.

    Selain sudah ada perguruan tinggi, juga sudah ada 15 orang (sarjana)
    yang berlatar belakang pendidikan politik (ilmu politik, pemerintahan,
    hubungan internasional, administrasi negara) yang telah/akan menjadi
    anggota AIPI. Kelima belas orang ini yang nantinya akan menduduki kepengurusan di daerah/cabang.

    Jika di daerah Bapak/Ibu sudah memenuhi dua kriteria tersebut di atas,
    maka Bapak/Ibu dapat mengajukan surat permohonan pembentukan PC AIPI Jambi.

    Surat tersebut ditujukan ke Sekretariat Pengurus Pusat AIPI.

    Demikian.

  14. 19 iwan April 23, 2012 at 2:17 pm

    AIPI mungkinkah juga ikut menyusun kurikulum nasional untuk jurusan Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan dan Hubungan Internasional sehingga ada acuan yang jelas dalam menyusun kurikulum tiap universitas. Karena selama ini berjalan sendiri-sendiri jurusan Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan atau Hubungan Internasional yg baru akhirnya lebih memilih salah satu rujukan dari universitas besar seperti UI, UGM, UNPAD, UNDIP dan UNAIR.

  15. 20 muhammad affan June 20, 2012 at 11:14 pm

    mau langganan jurnal politik AIPI pak, gmana caranya?

  16. 21 Luqmanul Hakim July 19, 2012 at 10:48 am

    Saya ingin bergabung kembali, S 1 Dan S 2 saya Ilmu Pemerintahan dengan Gelar Ilmu Politik, ini email saya bestuurecht@gmail.com, kiranya berkenan dan tidak keberatan bisa mengirimkan formulir pendaftaran

  17. 22 putra October 29, 2012 at 4:46 pm

    Sehubungan banyaknya lulusan universitas negeri maupun swasta dari jurusan ilmu pemerintahan. Dalam upaya mendukung reformasi birokrasi, jika dibandingkan sangat minimnya formasi yg dibuka untuk sarjana lulusan ilmu pemerintahan tersebut, mengingat disiplin ilmu pemerintahan yg telah melahirkan sarjana-sarjana ilmu pemerintahan merupakan soul (jiwa) dari terlaksananya pemerintahan yg baik.

    Sebagai contoh untuk penerimaan cpns tahun 2012 dari seluruh kementerian yang membuka formasi hanya Kementerian Luar Negeri yang memberikan tempat untuk lulusan ilmu pemerintahan.

    Satu pertanyaan terbesar adalah terbatas nya tempat mengkontribusikan disiplin ilmu tersebut jika di tempat yg seharusnya berada tidak sedikitpun diberikan peluang untuk berkompetisi.

    Regards,
    Putra

  18. 23 hangga ady December 11, 2012 at 1:56 pm

    Mohon diberikan informasi tata cara dan syarat menajdi anggota. Kebetulan saya mantan mahasiswa Pak Ichlasul Amal dan Pak Moehtar Mas’oed🙂 email: hanggaady@gmail.com. Terima kasih sebelumnya

  19. 25 CICI CAHYANA A S.Sos January 13, 2013 at 5:51 pm

    Mohon informasi untuk menjadi anggota AIPI saya lulusan dr STIA jurusan Administrasi Negara

  20. 26 Soal Ujian Cpns September 22, 2013 at 7:48 am

    Every weekend i used to go to see this site, as i wish for enjoyment, as this this website conations really nice funny data too.

  21. 27 sehapublishing@gmail..com November 1, 2014 at 10:26 pm

    Bagus sekali. Saya ingin sekali menulis untuk jurnal. Mohon diberitahu caranya. Saya kebetulan blogger politik sehingga memungkinkan banyak waktu dan kesempatan untuk menulis dalam jurnal.

  22. 28 JHONY RIVER July 9, 2015 at 2:21 pm

    Salam..
    Perkenalkna.. SAya Jhony River Purba alumni FISIP Univ Sriwijaya
    Mohon info untuk mendaftar sebagai anggota AIPI

  23. 29 Guntur Khayangan Sitompul November 11, 2015 at 3:56 pm

    Saya mau bergabung jd anggota AIPI bagaimana cara nya dan syaratnya apa sajs, saya lulus ilmu politik s2 UI. TERIMA KASIH

  24. 30 Marislinda Idris October 19, 2016 at 3:16 pm

    Yth AIPI

    Ingin mendaftar sbg anggota


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Joint at Milist AIPI

Publikasi-Publikasi AIPI
















Jejak Pengunjung

Kalender

December 2016
M T W T F S S
« Oct    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

%d bloggers like this: