Seminar AIPI Bahas Tentang Laut (2)

Menjelang diselenggarakannya World Ocean Conference (WOC) di Manado pada April 2009, Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) menyelenggarakan seminar bertema “Mengelola Potensi Kelautan Demi Masa Depan: Menyongsong World Ocean Conference (WOC)”. Seminar ini diselenggarakan pada tanggal 12-13 Maret 2009 bertempat di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Sulawesi Utara.

Tujuan dari seminar antara lain : (1). Memberikan masukan pemikiran dan rekomendasi kebijakan terkait dengan pengelolaan dan pengembangan potensi kelautan. (2). Terkelolanya potensi kelautan Indonesia untuk kesejahteraan rakyat. (3). Terbentuknya jaringan kerjasama internasional di bidang kelautan. (4). Terbentuknya pusat studi kelautan internasional.

Sesi pertama dengan tema : Ekosistem Kelautan dan Pemanasan Global. Dengan pembicara: (1). Prof. Dr.rer.nat. Ir. Abraham S Khouw, Mphil, membawakan makalah dengan judul “Dampak Pemanasan Global (Global Warming) Terhadap Ekosistem Pesisir dan Laut. Kemudian pembicara kedua adalah Prof. Dr. Wahyoe Soepri Hantoro, dengan judul makalah “Perubahan Iklim Cuaca Glonal dan Ekosistem Laut di Indonesia: Dampak Bagi Kawasan Perairan, Pesisir dan Pulau Kecil. Dan untuk sesi ini di moderatori oleh Dra. Trielke Tulung, dari AIPI cabang Manado.

Kemudian untuk sesi kedua dengan tema : Masalah Pengelolaan Pembangunan Berbasis Kelautan. Dengan menampilkan para pembicara: Prof. Dr. Martani Huseini, dengan judul makalah “Masalah Pengelolaan Pembangunan Berbasis Kelautan”, kemudian pembicara kedua Prof. Dr. Ir. Budimawan, DEA, dengan judul makalah “Prospek dan Tantangan Pembangunan Keluatan di Indonesia”. Pembicara ketiga Prof. Dr. Indroyono Soesilo, APU yang mempersentasikan makalah dengan judul “Mengapa Indonesia Menggelar WOC ’09 dan CTI Summit”. Dan pembicara terakhir adalah Dr. Arif Satria, dengan judul makalah “Mainstreaming Kelautan dan Pemilu 2009”. Untuk sesi ini di moderator oleh Stefanus Sampe, S.Sos., MpubPol.

Selanjutnya sesi ketiga dengan tema : Wawasan Nusantara, Hukum Laut Internasional dan Masalah Keamanan Maritim Para pembicara yang ada dalam sesi ini antara lain, pertama Dr. Makmur Keliat, yang membawakan makalah dengan judul “Keamanan Maritim dan Implikasi Kebijakannya bagi Indonesia”, kemudian pembicara kedua Lksma (Purn) F.X. Eddy Santoso, S. IP, judul makalah “Membangun Sistem Keamanan Laut dalam Bingkai Wawasan Nusantara”. Dan pembicara terakhir dalam sesi ini adalah Drs. Syamsumar Dam, APU, dengan judul makalah “Kedaulatan Negara dalam Hukum Laut Internasional. Dan sesi ini di moderatori oleh Dr. Ninok Leksono, dari Pengurus Pusat AIPI.

Dan sesi terakhir atau sesi empat dengan tema : Ekonomi Maritim Negara Kepulauan
Pembicara: Prof. Dr. A.B Lapian, judul makalah “Ekonomi Maritim Negara Kepulauan” dan pembicara kedua adalah Dr. Aviliani, dengan judul makalah sama dengan tema terakhir. Untuk sesi terakhir ini dimoderatori oleh Dra. Fee Sondakh, dari AIPI cabang Manado.

Selain pembicara-pembicara di atas, seminar ini juga dihadiri oleh Prof. Ir. Widi Agoes Pratikto, M.Sc, Ph.D, Sekretaris Jenderal DKP Republik Indonesia dan Dra. Masmelhaty Silman, M.Si, dari Deputi Bidang Peningkatan Konservasi Sumber Daya Alam Dan Pengendalian Kerusakan, Kementerian Lingkungan Hidup). Beliau berdua diundang dalam seminar ini dalam kapasitas sebagai keynote speech.

Berdasarkan daftar hadir, perserta mencapai 200-an. Para perserta datang dari kalangan ahli bidang kelautan, lingkungan, pertahanan, keamanan, pemerintahan, politik, hubungan internasional, dan administrasi negara yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, para praktisi politik di pemerintahan, akademisi, serta anggota AIPI.

Hasil dari seminar ini akan menjadi rekomendasi untuk penyelengaraan World Ocean Conference (WOC) yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2009, di Manado.

Note: foto kegiatan seminar menyusul

0 Responses to “Seminar AIPI Bahas Tentang Laut (2)”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Joint at Milist AIPI

Publikasi-Publikasi AIPI
















Jejak Pengunjung

Kalender

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

%d bloggers like this: